Lulus Kuliah Mau Kerja Di BUMN? Simak Tips Dari Alumni Unair

Tungku.My.Id- Usai lulus kuliah, berbagai persiapan harus dilakukan alumni.

Misalnya, memilih karir atau melanjutkan studi baik di dalam maupun di luar negeri. Banyak juga program kampus, fakultas yang menawarkan pelatihan kerja, kompetensi diri hingga master atau informasi studi doktoral untuk membantu menentukan arah alumni.

Salah satunya adalah sharing session dengan alumni untuk membahas persiapan kerja. Seperti yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Universitas Airlangga (Unair).

Asosiasi ini membuka sharing session tentang cara kerja di lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ada dua alumni yang bekerja di BUMN ini.

Narasumber pertama, Ika Kumala Pramitasari, alumni Program Studi Matematika Universitas Airlangga tahun 2008 yang kini menjabat sebagai Associate Mantri 1 di Bank BRI.

Menurut Ika, Bank BRI dalam rangka pemulihan ekonomi pasca Covid-19, Bank BRI banyak memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Untuk membantu pemulihan perekonomian pasca dampak Covid-19, BRI memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan bunga rendah,” kata Ika seperti dikutip dari laman resmi Unair, saat mengisi kegiatan yang dikemas melalui Himtika Berbagi Cara Persiapkan Diri Anda untuk Bergabung dengan BUMN, Sabtu (14/14/2020). 5/2022).

Sedangkan menurut nara sumber kedua, Laksamana Nugraseptadi, ada hal yang perlu diketahui mahasiswa.

Misalnya, peran BUMN di masyarakat melibatkan perusahaan yang mengelola sumber daya yang dikelola negara.

Selain itu, BUMN juga memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat, serta BUMN sebagai salah satu sumber penerimaan negara.

“Peran BUMN sendiri adalah sebagai perusahaan yang mengelola sumber daya yang dikelola oleh negara. Kemudian BUMN juga memberikan kesempatan kerja, mengingat SDM di Indonesia sangat banyak sehingga mampu menyerap tenaga kerja. Selain itu BUMN juga salah satu sumber pendapatan negara sendiri,” kata Asset Management Officer di Indonesia Finance Group Life (IFG Life).

Baca Juga  Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD Buku Tematik Halaman 129 130 131 133 134 Subtema 3 Pembelajaran 3

Selain itu, persaingan di dunia kerja diakui keduanya tidak mudah. Hal yang harus dikuasai saat ini adalah kemampuan berbahasa Inggris.

Menurut Ugra, panggilan akrab Laksamana Nugraseptadi, keterampilan yang harus dikuasai dan harus dipersiapkan sebelum lulus adalah kemampuan berbahasa Inggris.

“Sebenarnya untuk bisa bekerja di lingkungan BUMN tidak harus memiliki banyak keahlian khusus. Namun, saat ini kemampuan bahasa Inggris harus ditambah,” ujarnya.

Bekerja di BUMN khususnya di perbankan terkadang dituntut untuk memiliki penampilan yang menarik. Beberapa bank, jelas mencantumkan tinggi badan yang seringkali menjadi persyaratan.

Menurut Ika yang kini berkiprah di ranah Bank BRI, tinggi badan di lingkungan perbankan juga berpengaruh. Oleh karena itu, pendaftar harus memperhatikan hal ini.

“Setahu saya, di perbankan ada persyaratan tinggi badan, minimal tinggi badan perempuan 155 sentimeter dan laki-laki minimal 165 sentimeter,” ujarnya.

Sedangkan menurut Ugra, persyaratan tinggi badan di lingkungan kerja tidak terlalu diperhatikan.

“Saya kira di lingkungan kerja saya, tinggi badan saya di belakang kantor tidak terlalu penting,” tambahnya.

Keduanya menambah pentingnya bekerja agar tidak bermasalah dengan buta warna.

Selain jeli melihat peluang yang ada, keduanya mengatakan selama persyaratan tertulis terbuka untuk semua jurusan. Jadi tidak ada salahnya untuk mengajukan lamaran kerja.

Leave a Comment